Pages

Sunday, March 24, 2013

Cara Memasak Kepiting yang Benar dan Enak

Cara Memasak Kepiting yang benar akan menjadi bahasan kita dalam sub menu kuliner di blog ie-usa hari ini, siapa sih yang g suka sama kepiting? saya yakin jika anda penggemar seafood makanan ini tentunya menjadi menu yang tidak boleh ketinggalan untuk anda!



Walaupun daging kepiting tidak sebanyak daging ikan maupun ayam, namun daging kepiting memang memiliki citarasa yang membuat penggemarnya menjadi ketagihan, namun bagi anda penikmat kepiting tidak harus melulu pergi ke restoran seafood kan untuk menikmati olahan kepiting? apa anda tidak ingin mencoba untuk mengolah kepiting di rumah anda sendiri?

Jika anda ingin mencoba untuk mengolah kepiting menjadi olahan ala anda! pastikan anda memilih kepiting yang segar dan sehat ketika anda membelinya, lebih bagu lagi jika anda membelinya dari hasil buruan nelayan secara langsung. Namun jika tidak ada sedikit tips untuk memilih kepiting dengan benar!

Tips yang pertama yakni, Kepiting yang sehat biasanya ditandai dengan gerakannya yang lincah, untuk itu sewaktu anda membeli kepiting, mintalah pedagang untuk melepaskan ikatannya sebentar untuk memastikan apakah kepiting itu masih hidup, atau malah sudah mati.

Tips kedua, jika anda membeli kepiting, cobalah untuk mengangatnya sebentar dan rasakan beratnya. Bila masih terasa berat dan matanya aktif keluar masuk maka kepiting itu memiliki kualitas yang baik.

Tips ketiga, Jangan pilih yang muda dan tidak banyak berdaging, karena akan sulit mengeluarkan dagingnya.

Dan berikut adalah langkah-langkah  mengolah kepiting yang baik dan benar :
  1. Balik badan kepiting dan kemudian tusuk dengan pisau runcing yang tajam bagian tengah sampai bagian pantat kepiting. Pastikan kepiting sudah mati, dan jika sudah anda dapat melepas ikatannya.
  2. Cucuiliah dengan air yang mengalir (Jangan direndam) dan sikat kepiting dengan kuas kecil atau anda dapat menggunakan sikat gigi untuk membersihkan bagian-bagian kotor si kepiting sampai benar-benar bersih.
  3. Buang ujung pantat kepiting yang berbentuk segitiga, karena itu adalah tempat kotoran kepiting dan tidak bagus untuk dikonsumsi.
  4. Potong kepiting menjadi dua bagian, dan bersihkan isi perutnya yang berwarna kehijauan. lalu cuci kepiting kembali sampai bersih.
  5. Pukulah kepiting dibagian capit dan kaki, tujuannya agar ketika dimasak nanti bumbu dapat meresap kedalam daging dan mudah dimakan.
  6. Sebelum memasak, rebus kepiting terlebih dahulu bersamaan dengan kayu arang supaya racun yang mungkin tertinggal di kepiting dapat hilang, dan usahakan jangan terlalu lama merebus kepitingnya, cukup 15-20 menit saja. Jika terlalu lama, daging kepiting akan mengeras.
cukup sekian dulu tutorial cara memasak kepiting dengan benar untuk anda, jika anda bingung mau dimasak apa itu kepiting. anda dapat mencoba list resep kepiting yang saya sediakan di bawah ini! enjoy it! ^^

Aneka Resep Kepiting yang dapat anda coba dirumah :

Nama : Resep Kepiting Asam Manis
Golongan : Mudah Untuk Dimasak
Porsi : Menyesuaikan
Untuk dapat Melihat resep lengkap silahkan klik tautan Ini

No comments:

Post a Comment